mZSxfEDJt1rUVv5DIurMrnZcYDxDIM1CXmJybyRZ

Peluang Usaha Jual Kopi Bubuk Rumahan bagi Mahasiswa dan Masyarakat

Posting Komentar

Berikut ini adalah artikel yang membahas tentang Peluang Usaha Jual Kopi Bubuk Rumahan bagi Mahasiswa dan Masyarakat untuk menambah dan membantu perekonomian mahasiswa dan masyarakat

Peluang Usaha Jual Kopi Bubuk Rumahan bagi Mahasiswa dan Masyarakat
Peluang Usaha Jual Kopi Bubuk Rumahan bagi Mahasiswa dan Masyarakat

Bisnismahasiswa.com - Hai sahabat bisnismahasiswa.com kali ini admin coba kasih saran usaha yang masih belum banyak saingannya, kenapa masih belum banyak saingannya pada usaha jual kopi bubuk?

Yah karena masyarakat kita memang membutuhkan yang namanya kopi sebagai kebutuhan sehari-hari.

Dan karena kopi memang banyak digemari berbagai kalangan dari kalangan ekonomi bawah hingga kalangan ekonomi atas. 

Namun yang jadi problem atau masalah sebagai usaha jual kopi bubuk yaitu tidak semua kalangan dapat membeli yang namanya kopi bubuk yang berada di supermarket dengan brand-brand mahal.

Sehingga Usaha Jual Kopi Bubuk Rumahan ini bisa dijadikan latar untuk meraup rupiah yaitu dengan membuat kopi dengan dua jenis yaitu jenis premium dan jenis ekonomis agar masyarakat dapat dengan mudah merasakan yang namanya kopi sesuai isi kantong mereka.

Dengan adanya jenis premium dan jenis ekonomis kita tetap meraup keuntungan karena produk kita bisa digemari berbagai kalangan. 

Untuk cara mendapat Keuntungan pada masing-masing Jenis yaitu 

Untuk Kemasan Ekonomis:

Keuntungan meskipun sedikit tapi di dapat dari Kuantitas atau banyaknya  penjualan produk yang dibeli masyarakat karena kemasan ekonomis digemari banyak masyarakat karena harganya yang nyaman dikantong.

Keuntungan dapat diperoleh dari penekanan biaya kemasan yaitu hanya menggunakan kemasan plastik transparan yang tebal yang harganya dapat di bilang murah.

Untuk Kemasan Premium:

Keuntungan yang diperoleh memanglah lumayan banyak namun Produk Kemasan Premium hanya digemari beberapa kalangan misalnya untuk oleh-oleh, untuk dibuat kopi pada warung kopi atau cafe, untuk diminum sehari-hari pada kalangan yang konsumtif. Jadi untuk kemasan ini diperlukan pemasaran ke cafe-cafe.

Keuntungan dapat diperoleh dengan harga yang sesuai namanya yaitu premium dengan bantuan packing yang apik dapat di peroleh kepuasan tersendiri ketika membeli pelanggan.

Analisis Usaha Jual Kopi Bubuk

Harga Kopi Robusta Mentah high grade bersih: Rp. 40.000/kg
Biaya Sangrai atau Roasting: Rp. 8.000/kg
Biaya Kemasan Ekonomis+ Label: Rp 3.000 dengan Rp. 250/kemasan untuk 50gram
Biaya Kemasan Premium: Rp. 1500 dengan Rp. 750/kemasan untuk 200gram

Sehingga Biaya Produksi Total Rp. 52.500 untuk 1kg kopi.

Setelah diroasting kopi mengalami penyusutan hingga 20% untuk tiap kilogram kopi sehingga dari 1kg kopi tersisa 800gram kopi matang yang siap di packing. Disini kita membuat 2 kemasan Premium dan 8 Kemasan Ekonomis

Untuk Kemasan Premium dapat dijual dengan harga Rp. 25.000/ kemasan 200gram, sehingga dari kemasan premium diperoleh:
total penjualan = Rp. 25.000 x 2 kemasan premium
total penjualan = Rp. 50.000 untuk 2 kemasan premium

Sedangkan untuk Kemasan Ekonomis dapat dijual denga harga Rp. 3.500/kemasan 50gram, sehingga dari kemasan ekonomis diperoleh:
total penjualan = Rp. 3.500 x 8 kemasan ekonomis
total penjualan = Rp. 28.000 untuk 8 kemasan ekonomis

Sehingga Biaya Penjualan Total Rp. 78.000 untuk 1 kg kopi robusta.

Untuk Keuntungan Penjualan Kopi tiap 1kg dihitung menjadi:

Sehingga Keuntungannya = Biaya Penjualan Total - Biaya Poduksi Total
Sehingga Keuntungannya = Rp. 78.000 - Rp. 50.000
Sehingga Keuntungannya = Rp. 28.000 tiap 1 kg kopi robusta

Menggiurkan bukan? ya memang menggiurkan banget jualan kopi namun untuk Pemasaran/Penjualan dapat dilakukan dengan

Teknik Penjualaan Kopi Bubuk Rumahan

  1. Dengan Media Sosial seperti Facebook Markeplace, Instagram dan melalui Whatsapp dengan sasaran pertama adalah teman terdekat, kerabat saudara tetangga komplek dan warung kopi angkringan.
  2. Dengan Pemasaran Langsung yaitu dengan datang ketempat penjual warung kopi seperti cafe dengan desain yang menarik dan rasa yang pas kopi tersebut dapat dengan mudah menjadi langganan untuk para warung kopi dan angkringan serta cafe.
  3. Dengan Onlineshop seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak yaitu untuk penjualan di onlineshop memerlukan kesabaran karena belum banyak yang mengenala toko kopi bubuk kita sehingga dibutuhkan kesabaran untuk menjadi toko besar padaonlineshop tadi.
  4. Dengan Cara Kongsi titip pada Warung-warung atau toko sekitar yaitu dengan cara kita menitipkan barang ke warung dengan sistem upah apabila terdapat penjualan cara ini terbukti efektif namun diperlukan produksi dengan kuantitas yang tidak sedikit agar tetap mendapat keuntungan.

Sehingga penjualan kopi bubuk buatan rumahan sangat menggiurkan dan menguntungkan bagi masyarakat dan mahasiswa untuk menambah nilai ekonomis. 

Terima Kasih Semoga bermanfaat.

naufal al majid
Saya adalah mahasiswa Teknik Elektro
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar